SMP PAWYATAN DAHA 1 KOTA KEDIRI


RENCANA PENGAJARAN MAT-KLS. 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran       :  Matematika

Jenjang                   :  SMP

Kelas/Semester      :  VII/Genap

Alokasi Waktu       :  4 x Pertemuan (7 Jam)

 

 

A.     Standar Kompetensi

6.      Mengidentifikasi lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait didalamnya.

 

B.     Kompetensi Dasar

6.3.Mengenali sifat-sifat garis singgung lingkaran.

 

C.     Indikator

1.      Menentukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran.

2.      Mengenali bahwa melalui suatu titik pada lingkaran hanya dapat dibuat satu garis singgung pada lingkaran tersebut.

3.      Membuat dan menggambar dua garis singgung lingkaran yang melalui satu titik di luar lingkaran.

4.      Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran, berpotongan, bersinggungan, saling lepas.

 

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran.

2.      Siswa dapat mempresentasikan hasil diskusi mengenai sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran.

3.      Siswa dapat mengenali bahwa melalui suatu titik pada lingkaran hanya dapat dibuat satu garis singgung pada lingkaran tersebut dengan mencoba-coba.

4.      Jika diberikan satu lingkaran dan satu titik di luar lingkaran siswa dapat membuat dan menggambar dua garis singgung lingkaran.

5.      Dengan membuat kelompok kecil untuk berdiskusi, siswa dapat menemukan syarat kedudukan dua lingkaran, berpotongan, bersinggungan, saling lepas.

 

E.     Materi Pokok

Lingkaran :

1.      Garis singgung lingkaran

2.      Mengenal garis singgung lingkaran

3.      Melukis garis singgung sebuah lingkaran

 

F.      Metode Pengajaran

Diskusi, tanya jawab, pemberian tugas.

 

 

G.    Strategi Pembelajaran

Pertemuan I

1.      Pendahuluan :

Memberi motivasi kepada siswa pentingya mempelajari garis singgung lingkaran jika dihubungkan dengan keadaan sehari-hari.

2.      Kegiatan Inti :

Dengan membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi, kemudian masing-masing kelompok diminta untuk membuka LKS hal 8. Selanjutnya masing-masing kelompok mendiskusikan dari LKS mengenai sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

3.      Penutup :

a.       Siswa diarahkan membuat rangkuman hasil diskusi.

b.      Guru memberikan PR.

 

Pertemuan II

1.      Pendahuluan :

Guru memberi pertanyaan lisan kepada siswa apa yang dimaksud garis singgung lingkaran dan bagaimana sifat sudut yang dibentuk

2.      Kegiatan Inti :

Dengan menggambar beberapa lingkaran di papan tulis, dan meletakkan satu titik yang terletak pada lingkaran, guru menyuruh beberapa siswa untuk membuat garis singgung melalui titik tersebut.

3.      Penutup :

a.       Siswa diarahkan membuat kesimpulan.

b.      Guru memberikan tugas untuk PR.

 

Pertemuan III

1.      Pendahuluan :

a.       Membahas PR

b.      Mengingat kembali materi yang telah dipelajari yaitu melalui suatu titik pada lingkaran hanya dapat dibuat satu garis singgung pada lingkaran.

2.      Kegiatan Inti :

a.       Dengan menggambar beberapa lingkaran di papan tulis dan meletakkan satu titik di luar lingkaran, guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat dan menggambar garis singgung-garis singgung yang mungkin bisa dibuat.

b.      Guru meminta beberapa anak untuk mengemukakan pendapat mengenai apa yang mereka dapat.

3.      Penutup :

Siswa diarahkan membuat kesimpulan.

 

Pertemuan IV

1.      Pendahuluan :

Guru memberi pertanyaan singkat untuk mengulang kembali mengenai berapa banyak garis singgung yang bisa dibuat jika satu titik diletakkan di luar lingkaran.

2.      kegiatan Inti

a.       Membentuk kelompok kecil.

b.      Siswa diminta membuka LKS hal 10.

c.       Selanjutnya masing-masing kelompok mendiskusikan dari LKS mengenai syarat kedudukan dua lingkaran, berpotongan, bersinggungan, saling lepas.

d.      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

3.      Penutup :

a.       Siswa diarahkan membuat rangkuman.

b.      Guru memberi tugas atau PR.

 

H.    Sumber Belajar

A

 

LKS, Buku Matematika Kelas VIII. Hal …….. s/d ……….

 
 

 

I.       Penilaian

1.     

P

 

Jenis tagihan : Tes formatif san laporan

2.      Bentuk tagihan : tes uraian dan pelaporan

3.      Contoh tagihan

 

Pertemuan I

F

 

G

 

H

 

Contoh Soal :

Gambar disamping adalah lingkaran dengan pusat P. Tentukan !

a.       Besar  PKA

b.     

E

 

A

 

Besar PLA

c.       Panjang PK

d.      Panjang AL

       
 

B

 

   

D

 

 

 

C

 

Pertemuan II

Contoh Soal :

Gambar disamping adalah lingkaran dengan pusat O. sebutkan garis manakah yang merupakan garis singgung lingkaran dan sebutkan pula titik singgungnya.

 

Pertemuan III

.

A

.  AContoh Soal :

Lukis garis singgung pada lingkaran pusat A dan melalui titik T.

       
   

. T

 

 

 

(-2x + 37) cm

(-2x + 37) cmPertemuan IV

(6x + 5) cm

(6x + 5) cmCarilah nilai x

 

 
 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

…………………………

NIP ……………………

…………………………………….

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

…………………………

NIP ……………………

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran       :  Matematika

Jenjang                   :  SMP

Kelas/Semester      :  VII/Genap

Alokasi Waktu       :  4 x Pertemuan (7 Jam)

 

 

A.     Standar Kompetensi

6.      Mengidentifikasi lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait didalamnya.

 

  1. Kompetensi Dasar

6.3.Mengenali panjang garis singgung

 

  1. Indikator

1.      Melukis dan menghitung panjang garis singgung yang ditarik dari sebuah titik di luar lingkaran.

2.      Melukis dan menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.

3.      Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran dengan rumus.

 

  1. Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat melukis garis singgung (baik singgung dalam maupun luar).

2.      Siswa dapat mengitung panjang garis singgung (singgung dalam maupun luar).

3.      Siswa dapat bekerja sama, berani mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.

4.      Siswa dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan garis singgung.

 

  1. Materi Pokok

Garis singgung persekutuan :

1.      Melukis dan mengitung panjang garis singgung yang ditarik dari sebuah titik di luar lingkaran.

2.      Melukis dan menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.

3.      Melukis dan menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.

4.      Menghitung panjang sabuk lilitan dua lingkaran dengan rumus.

5.      Memecahkan soal yang menggunakan garis singgung.

 

  1. Metode Pengajaran

Tanya jawab dan pemberian tugas dengan kerja kelompok.

 

  1. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1.      Kegiatan Pendahuluan : Siswa diminta menyebut benda yang berkaitan dengan garis singgung.

Guru memotivasi dan menyebutkan tujuan pembelajaran lingkaran maupun garis singgung kaitannya dengan benda disekitar.

2.      Kegiatan Inti :

a.       Siswa membentuk kelompok yang beranggota 8 orang, kemudian diminta membuat 1 lingkaran dan 1 titik diluar lingkaran tersebut.

b.      Kemudian supaya didiskusikan bagaimana dan berapa banyak garis yang terbentuk dan menyinggung lingkaran tersebut.

c.       Salah satu dari masing-masing kelompok diminta mempresentasikan hasilnya didepan kelas. Kelompok lain memperhatikan, bila perlu menanggapi.

d.      Mengerjakan soal yang ada di buku paket dan LKS.

3.      Kegiatan Penutup :

a.       Guru bersama siswa menyimpulkan bahwa dari sebuah titik diluar lingkaran dapat dibuat tepal dua garis singgung.

b.      Guru diberi PR.

 

Pertemuan Kedua

1.      Kegiatan Pendahuluan :

Mengingat dan menanyakan PR yang sulit.

2.      Kegiatan Inti :

a.       Siswa membentuk kelompok yang beranggota 4 orang.Siswa melengkapi LKS buatan guru (2 lingkaran dengan berbagai bentuk), mencoba berapa banyak garis singgung yang dapat dibuatnya.

b.      Setelah berdiskusi, salah satu dari anggota kelompok diminta mempresentasikan. Kelompok lain memperhatikan dan menanggapi nila perlu menyanggah.

c.       Menyimpulkan bersama, dan melanjutkan untuk menghitung panjang garis singgung persekutuan luar luar atau dalam dari dua lingkaran menggunakan dalil phytagoras.

d.      Siswa mengerjakan latihan soal dari buku paket atau LKS.

e.       Membahas bersama soal yang sulit.

3.      Kegiatan Penutup :

a.       Guru bersama siswa menyimpulkan menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam atau luar menggunakan dalil phytagoras.

b.      Memberi PR.

 

Pertemuan Ketiga

1.      Kegiatan Pendahuluan :

Mengingatkan pelajaran yang lalu dan menanyakan PR yang sulit.

2.      Kegiatan Inti :

a.       Siswa membentuk kelompok yang beranggota 4 orang.

b.      Siswa mendiskusikan soal yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan.

c.       Hasilnya dipresentasikan oleh salah satu anggota kelompok, kelompok lain memperhatikan dan menanggapi.

d.      Menyimpulkan hasil diskusi.

e.       Siswa mengerjakan soal dari buku paket atau LKS.

f.        Membahas bersama soal yang sulit.

3.      Kegiatan Penutup :

Memberi PR

 

  1. Sumber Belajar

Buku Paket

 

  1. Penilaian

Jenis tagihan        :  Tes

Bentuk tagihan     :  Uraian

 

Pertemuan 1

Contoh Soal :

Gambarlah lingkaran yang berpusat di O dan titik A pada lingkaran.

 

 

 

 

 

Pertemuan 2

Contoh Soal :

1.      Jika   AP : 24 cm

BQ : 14 cm

PQ : 46 cm

Tentukan AB

2.      Jika QA : 7 cm, BP : 5 cm dan PQ : 20 cm

Tentukan :

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 3

Contoh Soal :

Jarak titik pusat kedua lingkaran 26 cm dan panjang garis singgung persekutuan luarnya 24 cm. jika panjang salah satu jari-jari lingkaran itu 15 cm. Hitunglah panjang jari-jari luarnya.

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

…………………………

NIP ……………………

…………………………………….

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

…………………………

NIP ……………………

 

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: